MEMULAI

I. LOGIN

Tampilan Interface Aplikasi Layanan Mandiri untuk mengetahui Informasi Nilai Tanah Atau Nilai Aset Properti, pengguna diminta terlebih dahulu mengisi member login pada form berikut:.




  1. Pada langkah pertama, pengguna menginput username sesuai dengan username yang telah didaftarkan pada aplikasi mitra kerja
  2. Langkah kedua, menginputkan password sesuai dengan password yang telah diinputkan pada aplikasi mitra kerja
  3. Langkah Selanjutnya klik lalu pengguna akan memasuki tampilan dari aplikasi layanan mandiri.

INFORMASI NILAI TANAH ATAU NILAI ASET PROPERTI

Pembuatan berkas “Informasi Nilai Tanah Atau Nilai Aset Properti” user dapat mengakses dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id/, user login ke aplikasi Layanan pertanahan elektronik kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik Berkas Saya
  2. Klik berkas baru
  3. Klik “Informasi Nilai Tanah Atau Nilai Aset Properti”

  4. Maka muncul pop up konfirmasi klik proses

  5. Maka muncul pop up konfirmasi yang menampilkan nomor dan tahun berkas klik proses

INPUT SERTIPIKAT

Pada input sertipikat user menginputkan beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Informasi Nilai Tanah Atau Nilai Aset Properti”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Input nama provinsi
  2. Input kabupten/kota
  3. Input kecamatan
  4. Input desa/kelurahan
  5. Input tipe hak
  6. Input nomor sertipikat
  7. Input alamat
  8. Klik simpan
  9. Klik unggah (file sertipikat)

  10. Klik Mengunggah
  11. Proses unggah file sertipikat

UPLOAD DOKUMEN

Pada menu upload dokumen user memilih beberapa file pdf untuk kelengkapan berkas informasi nilai tanah atau nilai asset properti, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik unggah file Formulir Permohonan ‘Informasi Nilai Tanah Atau Nilai Asset Properti
  2. Klik unggah file Surat Kuasa dari pemilik bidang tanah
  3. Klik unggah file Identitas Pemohon yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Klik tombol mengunggah

Semua dokumen wajib di upload ke dalam sistem agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.


PERNYATAAN KESESUAIAN DATA


  1. Klik kolom ceklis “saya menyatakan dengan sesungguhnya”
  2. Klik lanjut

KONFIRMASI DATA

Untuk melanjutkan berkas user harus melakukan kornfirmasi data yang sebelumnya di inputkan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Klik tombol lanjut

SURAT PERINTAH SETOR

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


  1. Klik tombol lanjut
  2. Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali
  3. Surat Perintah Setor akan otomatis di kirim ke alamat email terdaftar

STATUS PEMBAYARAN

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini:


  1. Klik tombol cek status NTPN jika diperlukan pengecekan;
  2. Klik lanjutkan

PENCETAKAN INFORMASI NILAI TANAH ATAU ASET PROPERTI

Pencetakan berkas pengecekan sertipikat memuat informasi sebagai berikut:


  1. Letak Obyek Penilaian yang memuat:
    • Alamat
    • Letak : GN. SAHARI SELATAN, Kecamatan Kemayoran
    • NIB : 09010201.00014
  2. Obyek Penilaian yang memuat:
    • Atas nama : Gafar
    • Sertipikat : Hak Guna Bangunan
    • Luas : 481 m²
  3. Dikeluarkan atas nama pemohon
  4. Nilai tanah yang memuat nomor zona, nilai zona dan nilai tanah
  5. Catatan mengenai tanah atau aset yang berkaitan

PENGECEKAN SERTIPIKAT

III. INPUT DATA UNTUK PENGECEKAN SERTIPIKAT


Kementerian ATR/BPN saat ini telah meluncurkan pelayanan elektronik yang dapat digunakan oleh PPAT dan Jasa Keuangan, untuk mendaftarkan permohonan layanan informasi pertanahan secara langsung tanpa perlu ke kantor pertanahan lagi. Jenis layanan pertanahan yang disediakan saat ini adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendftaran Tanah, Informasi Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti dan Hak Tanggungan yang meliputi Cassie dan Roya.

1.1 MENU LAYANAN ELEKTRONIK


  1. Menu Sekilas berisi informasi tentang tujuan pembuatan aplikasi Layanan Elektronik
  2. Menu Aturan berisi informasi tentang dasar hukum yang mendukung Layanan Pertanahan Elektronik
  3. Menu Lokasi berisi informasi tentang lokasi pelaksanaan Layanan Pertanahan Elektronik untuk PPAT dan Jasa Keuangan
  4. Menu Alur berisi informasi tentang alur Layanan Pertanahan Elektronik
  5. Menu Pelayanan berisi tentang Permohonan Pelayanan Pertanahan
  6. Menu FAQ berisi informasi tentang pertanyaan yang sering ditanyakan terkait aplikasi Layanan Pertanahan Elektronik

1.2 LOGIN USER

Pengecekan sertipikat dilakukan dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id/ oleh user yang terdaftar sebagai PPAT dan Jasa Keuangan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik menu Pelayanan
  2. Klik login

  3. Input nama pengguna (PPAT/Jasa Keuangan)
  4. Input kata sandi
  5. Ceklis tetap login
  6. Klik login

1.3 MENU BERKAS SAYA

Pada menu ini user dapat memilih Layanan Pertanahan Elektronik yang akan di daftarkan. Jenis layanan pertanahan yang disediakan adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendftaran Tanah, Informasi Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti, pada langkah-langkah berikut akan dilakukan pendaftaran permohonan “Pengecekan Sertipikat”.


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik Berkas Saya
  2. Klik berkas baru
  3. Klik Pengecekan Sertipikat

  4. Maka muncul pop up konfirmasi klik proses

  5. Maka muncul pop up konfirmasi yang menampilkan nomor dan tahun berkas klik proses

1.4 PENGECEKAN SERTIPIKAT

Pada menu input sertipikat user menginputkan beberapa isian form untuk kelengkapan berkas Pengecekan Sertipikat, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Input nama provinsi
  2. Input kabupaten/kota
  3. Input kecamatan
  4. Input desa/kelurahan
  5. Input tipe hak
  6. Input nomor sertipikat
  7. Klik simpan
  8. Klik unggah (file sertipikat)

  9. Klik mengunggah

  10. Proses unggah file sertipikat

UPLOAD DOKUMEN

Pada menu upload dokumen user memilih beberapa file pdf untuk kelengkapan berkas pengecekan sertipikat, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik unggah file Formulir Permohonan Pengecekan Sertipikat
  2. Klik unggah file Surat Kuasa dari pemilik bidang tanah
  3. Klik unggah file Identitas Pemohon yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Klik unggah file Dokumen lainnya
  5. Klik tombol mengunggah

Semua dokumen wajib di upload ke dalam sistem agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.


PERNYATAAN KESESUAIAN DATA


  1. Klik kolom ceklis “saya menyatakan dengan sesungguhnya”
  2. Klik lanjut

KONFIRMASI DATA

Untuk melanjutkan berkas user harus melakukan kornfirmasi data yang sebelumnya di inputkan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Klik tombol lanjut

SURAT PERINTAH SETOR

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


  1. Klik tombol lanjut
  2. Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali
  3. Surat Perintah Setor akan otomatis di kirim ke alamat email terdaftar

STATUS PEMBAYARAN

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini:


  1. Klik tombol cek status NTPN jika diperlukan pengecekan
  2. Klik lanjutkan

PENCETAKAN BERKAS PENGECEKAN SERTIPIKAT

Pencetakan berkas pengecekan sertipikat memuat informasi sebagai berikut:

  1. No Berkas : 1005/2019 dan NTPN: 820190807388414
  2. Keterangan mengenai sebidang tanah yang terletak di
    • Alamat : Jl. Kencana
    • Letak : GN. SAHARI SELATAN, Kecamatan Kemayoran
    • NIB : 09010201.00014
    • Pemetaan : Bidang tanah ini sudah di petakan
    • Atas nama : Gafar
    • Luas : 481 m²
  3. Catatan
  4. Untuk Keperluan
  5. Surat keterangan Pendaftaran Tanah ini bukan merupakan Tanda Bukti Hak Atas Tanah
  6. Informasi validasi selama 7 hari kalender sejak diterbitkan

PENDAFTARAN TANAH

IV. SURAT KETERANGAN PENDAFTARAN TANAH (SKPT)


Pembuatan berkas “Surat Keterangan Pendaftaran Tanah” user dapat mengakses dari aplikasi hhttps://htel.atrbpn.go.id/, user login ke aplikasi Layanan pertanahan elektronik kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik Berkas Saya
  2. Klik berkas baru
  3. Klik Surat Keterangan Pendaftaran Tanah

  4. Maka muncul pop up konfirmasi klik proses

  5. Maka muncul pop up konfirmasi yang menampilkan nomor dan tahun berkas klik proses

INPUT SERTIPIKAT

Pada input sertipikat user menginputkan beberapa isian form untuk kelengkapan berkas Pengecekan Sertipikat, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Input nama provinsi
  2. Input kabupten/kota
  3. Input kecamatan
  4. Input desa/kelurahan
  5. Input tipe hak
  6. Input nomor sertipikat
  7. Input keperluan
  8. Input alamat
  9. Klik simpan
  10. Klik unggah (file sertipikat)

  11. Proses unggah file sertipikat

UPLOAD DOKUMEN

Pada menu upload dokumen user memilih beberapa file pdf untuk kelengkapan berkas ‘Surat Keterangan Pendaftaran Tanah’, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik unggah file Formulir Permohonan ‘Surat Keterangan Pendaftaran Tanah’
  2. Klik unggah file Surat Kuasa dari pemilik bidang tanah
  3. Klik unggah file Identitas Pemohon yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Klik unggah file Dokumen lainnya
  5. Klik tombol mengunggah

Semua dokumen wajib di upload ke dalam sistem agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.


PERNYATAAN KESESUAIAN DATA


  1. Klik kolom ceklis “saya menyatakan dengan sesungguhnya”
  2. Klik lanjut

KONFIRMASI DATA

Untuk melanjutkan berkas user harus melakukan kornfirmasi data yang sebelumnya di inputkan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Klik tombol lanjut

SURAT PERINTAH SETOR

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


  1. Klik tombol lanjut
  2. Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali
  3. Surat Perintah Setor akan otomatis di kirim ke alamat email terdaftar

STATUS PEMBAYARAN

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini:


  1. Klik tombol cek status NTPN jika diperlukan pengecekan;
  2. Klik lanjutkan

PENCETAKAN SURAT KETERANGAN PENDAFTARAN TANAH

Pencetakan berkas pengecekan sertipikat memuat informasi sebagai berikut:

  1. No Berkas : 1005/2019 dan NTPN: 820190807388414
  2. Keterangan mengenai sebidang tanah yang terletak di:
    • Alamat : Jl. Kencana
    • Letak : GN. SAHARI SELATAN, Kecamatan Kemayoran
    • NIB : 09010201.00014
    • Pemetaan : Bidang tanah ini sudah di petakan
    • Atas nama : Gafar
    • Sertipikat : Hak Guna Bangunan
    • Luas : 481 m²
  3. Catatan
  4. Untuk keperluan
  5. Surat keterangan Pendaftaran Tanah ini bukan merupakan Tanda Bukti Hak Atas Tanah
  6. Informasi validasi selama 7 hari kalender sejak diterbitkan

CESSIE

I. MENU CESSIE


Cassie adalah pengalihan hak atas kebendaan bergerak tak berwujud (intangible goods) yang biasanya berupa piutang atas Nama kepada pihak ketiga, dimana seseorang menjual hak tagihnya kepada orang lain. Website untuk mendaftakan berkas Cassie dapat di akses melalui https://htel.atrbpn.go.id/

Member Login

Tampilan Interface Aplikasi Layanan Mandiri untuk mengetahui Pengecekan Sertipikat, pengguna diminta terlebih dahulu mengisi member login pada form berikut:


  1. Pada langkah pertama, pengguna menginput username sesuai dengan username yang telah terdafatar sebagai bank pihak pertama
  2. Langkah kedua, menginputkan password sesuai dengan password yang telah dimiliki
  3. Langkah selanjutnya klik

Berikut tampilan input data pembuatan berkas Cassie dapat dilakukan pada form di bawah ini:

  • Memilih kantor wilayah, pada proses ini dipilih Provinsi DKI Jakarta
  • Kantor Pertanahan, pada proses ini dipilih Kota Administrasi Jakarta Pusat
  • Kemudian Klik

Setelah sebelumnya memilih berkas baru maka akan muncul pop up konfirmasi pembuatan berkas Cassie untuk memastikan bahwa pengguna membuat berkas sesuai dengan kantor dan wilayah kerja yang sesuai. Kemudian klik


Ketika muncul pop up konfirmasi berkas Cassie telah di buat dengan nomor 589/2019 kemudian pastikan pengguna akan benar benar membuat berkas Cassie tersebut, selanjutnya klik


Langkah pertama berikut cara mengisikan entrain berkas Cassie diantaranya :

  • PPAT, diisi dengan nama PPAT yang di daftarkan pada saat pembuatan berkas Hak Tanggungan
  • Nomor surat, di isi dengan nomor yang tercantum pada sertipikat Hak Tanggungan
  • Kode Surat, di isi dengan nomor yang tercantum pada sertipikat Hak Tanggungan
  • Klik

  • Akta memuat: Nama PPAT, Nomor Berkas, Tanggal, Nilai, Mata uang dan Kode berkas
  • Para Pihak memuat: Status, Nama, Keterangan, dan Email
  • Hak Tanggungan memuat: Nomor dan Wilayah
  • Sertipikat memuat: Nomor, Wilayah, SU, NIB, Luas dan Pemilik

Setelah surat disimpan maka akan muncul tampilan pop up informasi bahwa surat yang sebelumnya di diacari telah berhasil di simpan, maka selanjutnya klik


Untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya maka pengguna di haruskan mengupload file Hak Tanggungan yang akan di Cassiekan dan File Sertipikat, klik dan temukan tempat dimana anda menyimpan file yang bersangkutan disimpan, kemudian klik Pada Hak Tanggungan yang di upload adalah sertipikat Hak tanggungan atas nama bank yang akan di daftarkan sebagai Cassie


Pada tahapan upload sertipikat yang di upload adalah sertipikat tanah yang di daftrakan


Langkah 2 ini adalah tahap konfirmasi, pengguna diminta untuk membaca dan mengecek kembali data-data yang di inputkan sebelumnya, data yang dimuat diantaranya:

  • Daftar kreditur memuat Nama, Keterangan, dan email
  • Hak Tanggungan memuat Nomor dan Wilayah
  • Sertipikat memuat Nomor, Wilayah, SU, NIB, Luas dan Pemilik
  • Akta Cassie memuat Nama PPAT, Nomor, Tanggal dan Nilai
  • Dokumen Pendukung
  • Jika pada tahap ini data yang di inputkan oleh pengguna sudah sesuai dan benar maka selanjutnya klik

Pada tahap 3 adalah tahap Surat Perintah Setor, akan muncul nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya, kemudian klik (bilamana kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali)


Pada tahap 4 adalah status pembayaran pada tahap ini memuat informasi tentang No NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, jika pengguna ingin mengecek stattus NTPN maka klik dan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya klik


Pada tahap 5 adalah langkah terakhir dalam proses pembuatan berkas Cassie yang meliputi:

  • Sertipikat hak atas tanah
  • Akta Cassie
  • Daftar isian
  • Cassie
  • Selanjutnya klik

Untuk melihat preview sertipikat yang di daftarkan menjadi berkas Cassie maka klik berikut adalah tampilah sertipikat hak tanggungan yang telah di daftarkan sebagai berkas Cassie. Pada sertipikat Cassie pemegang hak tanggungan yang sebelumnya Nama Bank A setelah hak tanggungan di daftarkan berkas Cassie menjadi berubah yaitu Bank B


Untuk melihat preview catatan yang di daftarkan menjadi berkas Cassie maka klik berikut adalah tampilah catatan hak tanggungan yang telah di daftarkan sebagai berkas Cassie (Ketentuan untuk mecetak file catatan ini di haruskan memakai kertas sticker untuk memudahkan menempelkan catatan pada buku akta)


Contoh penempelan catatan pada buku tanah



SUBROGASI

II. MENU SUBROGASI


Subrogasi adalah peralihan hak tanggungan pertama kepada pihak ke tiga antara bank A dengan bank B (Peralihan Bank ke Bank) yang akan menjadi pemilik hak tanggungan baru. Website untuk mendaftakan berkas subrogasi dapat di akses melalui https://htel.atrbpn.go.id/

Member Login

Tampilan Interface Aplikasi Layanan Mandiri untuk mengetahui Pengecekan Sertipikat, pengguna diminta terlebih dahulu mengisi member login pada form berikut:


  1. Pada langkah pertama, pengguna menginput username sesuai dengan username yang telah terdafatar sebagai bank pihak pertama
  2. Langkah kedua, menginputkan password sesuai dengan password yang telah dimiliki
  3. Langkah selanjutnya klik

Berikut tampilan input data pembuatan berkas subrogasi dapat dilakukan pada form di bawah ini :

  • Memilih kantor wilayah, pada proses ini dipilih Provinsi DKI Jakarta
  • Kantor Pertanahan, pada proses ini dipilih Kota Administrasi Jakarta Pusat
  • Kemudian Klik

Setelah sebelumnya memilih berkas baru maka akan muncul pop up konfirmasi pembuatan berkas subrogasi untuk memastikan bahwa pengguna membuat berkas sesuai dengan kantor dan wilayah kerja yang sesuai. Kemudian klik


Ketika muncul pop up konfirmasi berkas subrogasi telah di buat dengan nomor 589/2019 kemudian pastikan pengguna akan benar benar membuat berkas subrogasi tersebut, selanjutnya klik


Langkah pertama berikut cara mengisikan entrain berkas subrogasi diantarnya:

  • PPAT, diisi dengan nama PPAT yang di daftarkan pada saat pembuatan berkas Hak Tanggungan
  • Nomor surat, di isi dengan nomor yang tercantum pada sertipikat Hak Tanggungan
  • Kode Surat, di isi dengan nomor yang tercantum pada sertipikat Hak Tanggungan
  • Klik

Selanjutnya muncul tampilan pop up mengenai informasi akta yang di antaranya:

  • Akta memuat: Nama PPAT, Nomor Berkas, Tanggal, Nilai, Mata uang dan Kode berkas
  • Para Pihak memuat: Status, Nama, Keterangan, dan Email
  • Hak Tanggungan memuat: Nomor dan Wilayah
  • Sertipikat memuat: Nomor, Wilayah, SU, NIB, Luas dan Pemilik

Setelah surat disimpan maka akan muncul tampilan pop up informasi bahwa surat yang sebelumnya di diacari telah berhasil di simpan, maka selanjutnya klik


Untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya maka pengguna di haruskan mengupload file Hak Tanggungan yang akan di subrogasikan dan File Sertipikat, Klik dan temukan tempat dimana anda menyimpan file yang bersangkutan disimpan, kemudian klik


Pada Hak Tanggungan yang di upload adalah sertipikat Hak tanggungan atas nama bank yang akan di subrogasikan, pada kasus ini yang akan di subrogasikan adalah Bank BRI

Langkah 2 ini adalah tahap konfirmasi, pengguna diminta untuk membaca dan mengecek kembali data-data yang di inputkan sebelumnya, data yang dimuat diantanya:

  • Daftar kreditur memuat Nama , Keterangan, dan email
  • Hak Tanggungan memuat Nomor dan Wilayah
  • Sertipikat memuat Nomor, Wilayah, SU, NIB, Luas dan Pemilik
  • Akta Subrogasi memuat Nama PPAT, Nomor, Tanggal dan Nilai
  • Dokumen Pendukung
  • Jika pada tahap ini data yang di inputkan oleh pengguna sudah sesuai dan benar maka selanjutnya klik

Pada tahap 3 adalah tahap Surat Perintah Setor, akan muncul nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya, kemudian klik (bilamana kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali)


Pada tahap 4 adalah status pembayaran pada tahap ini memuat informasi tentang No NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, jika pengguna ingin mengecek stattus NTPN maka klik dan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya klik


Pada tahap 5 adalah langkah terakhir dalam proses pembuatan berkas subrogasi yang meliputi:

  • Sertipikat hak atas tanah
  • Akta subrogasi
  • Daftar isian
  • Subrogasi
  • Selanjutnya klik

Untuk melihat preview sertipikat yang di daftarkan menjadi berkas cassie maka klik berikut adalah tampilah sertipikat hak tanggungan yang telah di daftarkan sebagai berkas subrogasi. Pada sertipikat subrogasi pemegang hak tanggungan yang sebelumnya nama bank a setelah hak tanggungan di daftarkan berkas cassie menjadi berubah yaitu bank b


Untuk melihat preview catatan yang di daftarkan menjadi berkas cassie maka klik berikut adalah tampilah catatan hak tanggungan yang telah di daftarkan sebagai berkas subrogasi (Ketentuan untuk mecetak file catatan ini di haruskan memakai kertas sticker untuk memudahkan menempelkan catatan pada buku akta)


Contoh penempelan catatan pada buku tanah



ROYA

III. MENU ROYA


Kementerian ATR/BPN saat ini telah meluncurkan pelayanan elektronik yang dapat digunakan oleh PPAT dan Jasa Keuangan, untuk mendaftarkan permohonan layanan informasi pertanahan secara langsung tanpa perlu ke kantor pertanahan lagi. Jenis layanan pertanahan yang disediakan saat ini adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendftaran Tanah, Informasi Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti dan Hak Tanggungan yang meliputi Cassie dan Roya.

MENU LAYANAN ELEKTRONIK


  1. Menu Sekilas berisi informasi tentang tujuan pembuatan aplikasi Layanan Elektronik
  2. Menu Aturan berisi informasi tentang dasar hukum yang mendukung Layanan Pertanahan Elektronik
  3. Menu Lokasi berisi informasi tentang lokasi pelaksanaan Layanan Pertanahan Elektronik untuk PPAT dan Jasa Keuangan
  4. Menu Alur berisi informasi tentang alur Layanan Pertanahan Elektronik
  5. Menu Pelayanan berisi tentang Permohonan Pelayanan Pertanahan
  6. Menu FAQ berisi informasi tentang pertanyaan yang sering ditanyakan terkait aplikasi Layanan Pertanahan Elektronik

I. Login User

Roya dilakukan dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id/ oleh user yang terdaftar sebagai PPAT dan Jasa Keuangan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Klik menu Pelayanan
  2. Klik Login


  3. Input nama pengguna (PPAT/Jasa Keuangan)
  4. Input kata sandi
  5. Ceklis tetap login
  6. Klik login

Roya adalah pencoretan hak tanggungan pada Buku Tanah Hak Tanggungan di Kantor Pertanahan karena Hak Tanggungan telah hapus dengan cara sebagaimana diatur Pasal 18 UU Hak Tanggungan. Website untuk mendaftar berkas Roya dapat di akses melalui https://htel.atrbpn.go.id/


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik Pelayanan
  2. Klik "Roya"
  3. Pilih Kantor wilayah
  4. Pilih Kantor pertanahan
  5. Klik buat berkas baru

  6. Maka muncul pop up konfirmasi klik proses

  7. Maka muncul pop up konfirmasi yang menampilkan nomor dan tahun berkas klik proses

Menu Melengkapi

Pada tampilan pencarian hak tanggungan dan upload dokumen, user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Roya”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


  1. Input nomor hak tanggungan
  2. Input tahun
  3. Input kode hak tanggungan
  4. Klik cari hak tanggungan
  5. Informasi hak tanggungan
  6. Klik unggah

  7. Preview sertipikat hak tanggungan yang akan di roya kan
  8. Klik unggah

Jenis dan Nomor Hak yang Akan di Roya

Tampilan Jenis dan nomor hak yang kemudian akan dilajutkan pada berkas roya, user dapat memilih hak yang akan di daftarkan secara penuh atau roya parsial. kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


  1. Klik menambah sertipikat yang diroya

  2. Pilih sertipikat
  3. Klik unggah
  4. Informasi sertipikat
  5. Infomasi detail pemegang hak
  6. Informasi detail catatan terakhir
  7. Klik simpan

Upload Dokumen

Pada menu upload dokumen, user menginput informasi yang di dapat dari sertipikat hak tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


  1. Input surat keterangan roya dari kreditur
  2. Unggah formulir permohonan
  3. Input nama dokumen
  4. Klik unggah

  5. Input nomor surat keterangan roya dari kreditur
  6. Klik tanggal
  7. Klik unggah
  8. Klik simpan

  9. Klik unggah

Konfirmasi Berkas

Untuk melanjutkan berkas ‘roya’ user harus melakukan kornfirmasi data yang sebelumnya di inputkan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Konfirmasi berkas, memuat informasi sebagai berikut

  1. Dokumen Pendukung
    • Akta pendirian kreditur
    • Pajak Bumi dan Bangunan
    • File Sertipikat
    • Hak Tanggungan
    • Fotocopy KTP
    • Surat Permohonan
    • NPWP Kreditur
    • SK Pengangkatan
    • Surat Penunjukan
  2. Klik button kesesuaian data
  3. Klik lanjut

Surat Perintah Setor

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


  1. Klik tombol lanjut
  2. Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali

Status Pembayaran

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini :


Klik lanjut

Dokumen Roya


  1. Klik buat dokumen
  2. Klik sertipikat

Catatan Roya


Klik catatan


HAK TANGGUNGAN

IV. HAK TANGGUNGAN


Kementerian ATR/BPN saat ini telah meluncurkan pelayanan elektronik yang dapat digunakan oleh PPAT dan Jasa Keuangan, untuk mendaftarkan permohonan layanan informasi pertanahan secara langsung tanpa perlu ke kantor pertanahan lagi. Jenis layanan pertanahan yang disediakan saat ini adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendftaran Tanah, Informasi Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti dan Hak Tanggungan yang meliputi Cassie dan Roya.

MENU LAYANAN ELEKTRONIK


  1. Menu Sekilas berisi informasi tentang tujuan pembuatan aplikasi Layanan Elektronik
  2. Menu Aturan berisi informasi tentang dasar hukum yang mendukung Layanan Pertanahan Elektronik
  3. Menu Lokasi berisi informasi tentang lokasi pelaksanaan Layanan Pertanahan Elektronik untuk PPAT dan Jasa Keuangan
  4. Menu Alur berisi informasi tentang alur Layanan Pertanahan Elektronik
  5. Menu Pelayanan berisi tentang Permohonan Pelayanan Pertanahan
  6. Menu FAQ berisi informasi tentang pertanyaan yang sering ditanyakan terkait aplikasi Layanan Pertanahan Elektronik

I. Login User

Hak Tanggungan dilakukan dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id/ oleh user yang terdaftar sebagai PPAT dan Jasa Keuangan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Klik menu Pelayanan
  2. Klik Login


  3. Input nama pengguna (PPAT/Jasa Keuangan)
  4. Input kata sandi
  5. Ceklis tetap login
  6. Klik login

II. Menu Pelayanan

Pada menu ini user dapat memilih Layanan Pertanahan Elektronik yang akan di daftarkan. Jenis layanan pertanahan yang disediakan adalah Hak Tanggungan, Roya, Cessie, Subrogasi, Perbaikan data HT dan Tutup Berkas.


II. Hak Tanggungan

Akta Pemberian Hak Tanggungan adalah jaminan pelunasan hutang yang dibebankan pada suatu hak atas tanah, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang ada di atasnya yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan hutang tertentu yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur terhadap kreditur lainnya.

Untuk pembuatan berkas “Hak Tanggungan” user dapat mengakses dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id/ user login ke aplikasi Layanan pertanahan elektronik kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik Pelayanan
  2. Klik “Hak Tanggungan
  3. Pilih Kantor wilayah
  4. Pilih Kantor pertanahan
  5. Input nomor berkas (Jika sebelumnya sudah pernah membuat berkas Hak Tanggungan)
  6. Input tahun berkas (Jika sebelumnya sudah pernah membuat berkas Hak Tanggungan)
  7. Klik berkas baru


Melengkapi Entrian

Pada menu entri user menginputkan beberapa isian form untuk kelengkapan berkas Hak Tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pilih PPAT
  2. Input nomor akta
  3. Input kode akta
  4. Klik cari akta

  5. Klik simpan akta

  6. Hasil informasi akta
  7. Akta
  8. Para pihak
  9. Sertipika
  10. Klik menggungah formulir permohonan

Upload Dokumen

Pada menu upload dokumen user memilih beberapa file pdf untuk kelengkapan berkas hak tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik unggah file pdf formulir permohonan
  2. Klik unggah file pdf dokumen lainnya
  3. Klik lanjut untuk proses selanjutnya

  4. Contoh upload file formulir permohonan
  5. Klik menu menggunggah

  6. Contoh upload dokumen lainnya
  7. Klik mengunggah

Konfirmasi Berkas

Untuk melanjutkan berkas, user harus melakukan konfirmasi data yang sebelumnya di inputkan. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

  1. Info detail daftar debitur
  2. Info detail sertipikat yang ditanggungkan
  3. Info detail akta hak tanggungan
  4. Info detail dokumen yang diunggah PPAT
  5. Info detail dokumen yang diunggah kreditur
  6. Klik button pernyataan kesesuaian data
  7. Klik lanjut

Surat Perintah Setor

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


  1. Klik tombol lanjut
  2. Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali
  3. Surat Perintah Setor akan otomatis di kirim ke alamat email terdaftar

Status Pembayaran

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini :


Klik lanjutkan

Pencetakan Sertipikat dan Dokumen Hak Tanggungan

Pencetakan sertipikat dan dokumen hak tanggungan memuat informasi sebagai berikut :



PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT)

IV. PPAT


Akta Pemberian Hak tanggungan adalah jaminan pelunasan hutang yang dibebankan pada suatu hak atas tanah, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang ada di atasnya yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan utang tertentu yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur terhadap kreditur lainnya.

MENU LAYANAN ELEKTRONIK

I. Login User

Akta pemberian hak tanggungan dilakukan dari aplikasi https://mitra.atrbpn.go.id/ oleh user yang terdaftar sebagai PPAT dan Jasa Keuangan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Klik menu Pelayanan
  2. Klik Login


  3. Input nama pengguna (PPAT/Jasa Keuangan
  4. Input kata sandi
  5. Ceklis tetap login
  6. Klik login

I. Menu Pelayanan

Pada menu ini user dapat memilih Layanan Pertanahan Elektronik yang akan di daftarkan. Jenis layanan pertanahan yang disediakan adalah Hak Tanggungan, Roya, Cessie, Subrogasi, Perbaikan data HT dan Tutup Berkas.


II. Hak Tanggungan

Akta Pemberian Hak tanggungan adalah jaminan pelunasan hutang yang dibebankan pada suatu hak atas tanah, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang ada di atasnya yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan hutang tertentu yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur terhadap kreditur lainnya.

Untuk pembuatan berkas “Hak Tanggungan” user dapat mengakses dari aplikasi https://htel.atrbpn.go.id/ user login ke aplikasi Layanan pertanahan elektronik kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik Pelayanan
  2. Klik “Hak Tanggungan
  3. Pilih Kantor wilayah
  4. Pilih Kantor pertanahan
  5. Input nomor berkas (Jika sebelumnya sudah pernah membuat berkas Hak Tanggungan)
  6. Input tahun berkas (Jika sebelumnya sudah pernah membuat berkas Hak Tanggungan)
  7. Klik berkas baru


Melengkapi Entrian

Pada menu entri user menginputkan beberapa isian form untuk kelengkapan berkas Hak Tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pilih PPAT
  2. Input nomor akta
  3. Input kode akta
  4. Klik cari akta

  5. Klik simpan akta

  6. Hasil informasi akta
  7. Akta
  8. Para pihak
  9. Sertipika
  10. Klik menggungah formulir permohonan

Upload Dokumen

Pada menu upload dokumen user memilih beberapa file pdf untuk kelengkapan berkas hak tanggungan, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik unggah file pdf formulir permohonan
  2. Klik unggah file pdf dokumen lainnya
  3. Klik lanjut untuk proses selanjutnya

  4. Contoh upload file formulir permohonan
  5. Klik menu menggunggah

  6. Contoh upload dokumen lainnya
  7. Klik mengunggah

Konfirmasi Berkas

Untuk melanjutkan berkas, user harus melakukan konfirmasi data yang sebelumnya di inputkan. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

  1. Info detail daftar debitur
  2. Info detail sertipikat yang ditanggungkan
  3. Info detail akta hak tanggungan
  4. Info detail dokumen yang diunggah PPAT
  5. Info detail dokumen yang diunggah kreditur
  6. Klik button pernyataan kesesuaian data
  7. Klik lanjut

Surat Perintah Setor

Surat Perintah Setor memuat informasi nama lengkap, kode billing pembayaran, daftar biaya serta cara pembayarannya. Agar memudahkan user dalam melakukan pembayaran, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


  1. Klik tombol lanjut
  2. Catatan, apabila kode billing melewati batas waktu yang ditentukan oleh sistem yaitu dalam waktu 3 hari, maka berkas tidak dapat di jalankan dan harus di daftarkan kembali
  3. Surat Perintah Setor akan otomatis di kirim ke alamat email terdaftar

Status Pembayaran

Status pembayaran memuat informasi tentang Nomor NTPN, Tanggal Pembayaran, Jumlah Pembayaran, Nama Wajib Bayar, Kode Billing, Tanggal Kode Billing, Kadaluarsa Kode Billing, tampilan seperti dibawah ini :


Klik lanjutkan

Pencetakan Sertipikat dan Dokumen Hak Tanggungan

Pencetakan sertipikat dan dokumen hak tanggungan memuat informasi sebagai berikut :



Akta Pemberian Hak tanggungan adalah jaminan pelunasan hutang yang dibebankan pada suatu hak atas tanah, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang ada di atasnya yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan utang tertentu yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur terhadap kreditur lainnya.

LOGIN USER

Akta pemberian hak tanggungan dilakukan dari aplikasi https://mitra.atrbpn.go.id/ oleh user yang terdaftar sebagai PPAT dan Jasa Keuangan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


  1. Input nama pengguna (PPAT/Jasa Keuangan)
  2. Input kata sandi
  3. Ceklis I’m not robot
  4. Klik masuk
  5. Klik aplikasi “Aplikasi Mitra PPAT”

MENU AKTA

Pada menu ini user dapat memilih Layanan Pertanahan Elektronik yang akan di daftarkan. Jenis layanan pertanahan yang disediakan adalah Akta Jual Beli, Akta Tukar Menukar, Akta Hibah, Akta Pemasukan Modal ke Dalam Perusahaan, Akta Pembagian Hak Bersama, Akta Pemberian Hak Tanggungan, Akta Pemberian HGB/HP, SKMHT, Akta Cessie dan Akta Subrogasi. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


User memilih menu Akta Pemberian Hak Tanggungan untuk membuat berkas akta hak tanggungan.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik Akta
  2. Klik “Akta Pemberian Hak Tanggungan”

  1. Klik menu “Buat APHT Baru

  2. Klik Lanjutan

  3. Klik lengkapi akta

FORM AKTA

user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Beberapa item yang harus diisi pada tahapan ini adalah:

  1. Input Nomor akta
  2. Input Tanggal
  3. Pilih Mata Uang
  4. Input Nilai, pada inputan nilai dihitung dari total nilai hak tanggungan yang di ajukan oleh debitur. Bila yang di anggunkan lebih dari satu bidang/sertipikat dapat dilakukan dengan cara parsial/penuh perhitungan parsial dapat di jabarkan dalam tahap penginputan sertipkat (pada gambar 16) dengan jumlah total harus sama dengan nilai pada (A. Akta isian Nilai). bilamana HT penuh maka di masing masing hak tidak perlu di inputkan nilai parsialnya
  5. Input Benda Lain (Pemberian hak tanggungan tersebut di atas meliputi bangunan dan segala sesuatu yang sekarang ada, tertanam, berdiri, termasuk tetapi tidak terbatas pada bangunan, hasil karya, tanaman, berdiri dan / atau diperoleh diatas maupun dibawah permukaan bidang - bidang tanah tersebut yang di anggap satu kesatuan)
  6. Klik simpan

FORM PIHAK PERTAMA (DEBITUR)

Pada tampilan Pihak Pertama (Debitur)/ pihak yang berhutang ke pihak lain, user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Beberapa item yang harus diisi pada tahapan ini adalah:

  1. Pilih tipe
  2. Input email
  3. Input NPWP
  4. Klik cek NPWP
  5. Input nama
  6. Input alamat
  7. Input no telp
  8. Input akta pendirian
  9. Input tanggal akta pendirian
  10. Input tempat berkedudukan
  11. Klik simpan
  12. Klik unggah
  13. Informasi: Untuk data NPWP yang ditampilkan pada aplikasi adalah data NPWP yang sudah terintegrasi dengan Direktorat Jenderal Pajak.


  14. Klik jenis file Akta pendirian Debitur
  15. Klik pilih file
  16. Klik unggah

  17. Klik jenis file NPWP debitur
  18. Klik pilih file
  19. Klik unggah

FORM PIHAK KEDUA (KREDITUR)

Pada tampilan Pihak Kedua (Kreditur)/ penyedia kredit, user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Beberapa item yang harus diisi pada tahapan ini adalah:

  1. Pilih tipe
  2. Input kode kantor
  3. Klik cek kode
  4. Nama
  5. Email
  6. NPWP
  7. Klik lihat
  8. Klik tutup

  9. Pilih jenis file akta pendirian kreditur
  10. Klik lihat
  11. Klik tutup

  12. Klik jenis file NPWP kreditur
  13. Klik lihat
  14. Klik tutup

SAKSI-SAKSI

Pada tampilan saksi-saksi, user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Beberapa item yang harus diisi user pada tahapan ini adalah:

  1. Input NIK
  2. Klik cek NIK
  3. Klik simpan
  4. Klik unggah
  5. Lihat file
  6. Informasi: Untuk data kependudukan yang ditampilkan pada aplikasi adalah data kependudukan yang sudah terintegrasi dengan Dukcapil Kemendagri.


  7. Klik file
  8. Klik pilih file
  9. Klik unggah
  10. Klik tutup

PIHAK PERSETUJUAN

Pada tampilan Pihak Persetujuan, user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Beberapa item yang harus diisi user pada tahapan ini adalah:

  1. Pilih pihak persetujuan
  2. Input NIK
  3. Klik cek NIK
  4. Klik simpan
  5. Klik unggah
  6. Klik pilih file
  7. Informasi: Untuk data kependudukan yang ditampilkan pada aplikasi adalah data kependudukan yang sudah terintegrasi dengan Dukcapil Kemendagri.


  8. Klik file
  9. Klik unggah
  10. Klik tutup

SERTIPIKAT

Pada tampilan Sertipikat, user melengkapi beberapa isian form untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Beberapa item yang harus diisi user pada tahapan ini adalah:

  1. Pilih Provinsi
  2. Pilih Kabupaten/kota
  3. Pilih Kecamatan
  4. Pilih Desa
  5. Pilih tipe hak
  6. Input nomor hak
  7. Pilih mata uang
  8. Input nilai parsial
  9. Klik cek sertipikat
  10. Nilai parsial adalah harga satuan per bidang yang telah di survei oleh kreditur dengan jumlah bidang lebih dari satu bidang tanah dengan nilai kurs yang berbeda, nilai total hak tanggungan yang di ajukan oleh debitur (jumlah total nilai parsial harus sama dengan nilai total pada akta hak tanggungan form A. Akta)
  11. Perhitungan hak tanggungan penuh adalah nilai satu bidang atau lebih dari satu bidang namun dalam kurs yang sama (satu blok) untuk nilai parsial tidak perlu di inputkan per satuan bidang, perhitungan akan mengambil dari nilai akta hak tanggungan (A. Akta)

  12. Klik simpan

  13. Klik pilih file

  14. Klik sertipikat
  15. Klik pilih file
  16. Klik unggah

UPLOAD DOKUMEN

User mengunggah beberapa file untuk kelengkapan berkas “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini:



Beberapa file yang harus di upload user pada tahapan ini adalah:

  1. Pilih surat kuasa memasang hak tanggungan
  2. Pilih surat perjanjian kredit
  3. Pilih fotocopy pajak bumi dan bangunan
  4. Klik pilih file
  5. Klik selanjutnya

  6. Klik pilih file
  7. Klik unggah

PRATINJAU AKTA

Pada tampilan pratinjau “Akta Pemberian Hak Tanggungan”, memuat beberapa informasi seperti di bawah ini:

  1. Informasi tipe akta
  2. Para pihak
  3. Sertipikat
  4. File upload
  5. Dokumen akta

  6. Klik pilih file

  7. Klik unggah

  8. Klik button pernyataan
  9. Klik simpan

SURAT PENGANTAR


JASA KEUANGAN

MITRA KERJA - JASA KEUANGAN

Aplikasi mitra kerja (Jasa Keuangan) merupakan aplikasi yang digunakan oleh Jasa Keuangan sebagai mitra kerja dari Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/ BPN untuk mendapatkan ID pengguna dan kata sandi yang digunakan sebagai akses aplikasi pelayanan Hak Tanggungan Elektronik. Aplikasi mitra kerja ini juga digunakan untuk pemutakhiran data dan verifikasi data Jasa Keuangan. Aplikasi ini diakses melalui https://mitra.atrbpn.go.id, maka akan muncul tampilan seperti berikut :



Ada tiga pilihan utama pada tampilan Daftar, yaitu :

  1. Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)
  2. Surveyor Kadaster Berlisensi
  3. Penilai Tanah
  4. Jasa Keuangan

PENDAFTARAN AKUN BANK (JASA KEUANGAN)

Untuk Jasa Keuangan pilih menu Jasa Keuangan seperti gambar dibawah, kemudian akan tampil halaman login.



Alur Jasa Keuangan pada aplikasi htps://mitra.atrbpn.go.id seperti gambar dibawah ini:


Registrasi Akun Aplikasi

Apabila anda belum memiliki ID Pengguna,silahkan melakukan pendaftaran dengan terlebih dahulu menyiapkan data : NPWP Jasa Keuangan, Nama Jasa Keuangan, Nomor Akta dan tanggal pendirian, email, tempat tanggal lahir, nomor handphone, alamat, ID pengguna, password


Catatan: Silahkan unduh lampiran untuk surat permintaan verifikasi akun Administrasi Pusat Jasa Keuangan yang akan dikirim ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPn untuk dilakukan verifikasi dan untuk email adalah yang aktif untuk semua akun pengguna.

Kemudian tekan tombol kirim. Jika data tidak sesuai inputan data yang ada, maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut: Jika inputan data benar maka akan muncul informasi seperti pada gambar dibawah dengan mendapatkan kode perusahaan dan notifikasi pendaftaran akan terkirim ke email anda:


Pada mitra.atrbpn.go.id klik menu Masuk dengan muncul gambar sebagai berikut:


Kemudian masukkan ID pengguna dan password anda untuk masuk pada aplikasi mitra untuk melengkapi data Administrator Pusat dan Data Jasa Keuangan dengan muncul gambar sebagai berikut:


Catatan : Untuk semua akun pengguna yang terdaftar di mitra.atrbpn.go.id email yang digunakan adalah email yang aktif oleh pengguna

Beranda Aplikasi Jasa Keuangan

Setelah berhasil login sebagai Administrator Pusat maka akan muncul tampilan beranda aplikasi, seperti berikut :


Untuk kolom berwarna ungu merupakan tampilan menu yang akan digunakan oleh Jasa Keuangan, sedangkan kolom yang berwarna putih merupakan tampilan Dashboard biodata dari Jasa Keuangan tersebut. Pada tampilan menu, terdapat beberapa sub menu di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Beranda
  2. Data Jasa Keuangan, pada menu dropdown Data Jasa Keuangan terdapat pilihan seperti berikut :

Tampilan Dashboard Jasa Keuangan


Fungsi dari masing-masing menu pada tampilan Dashboard untuk Jasa Keuangan terdiri dari :

  1. Menu berikut digunakan oleh user untuk keluar aplikasi atau untuk mengganti kata sandi, berikut ini adalah tampilan dropdown menunya :

  2. Ganti Password digunakan untuk melakukan perubahan pada password yang sudah didaftarkan.


  3. Menu Biodata
  4. Menu Biodata Jasa Keuangan digunakan untuk Melakukan Pengecekan data yang telah di-update terkait data Jasa Keuangan (biodata dan foto). Maka akan tampil gambar sebagai berikut.


Data Jasa Keuangan

  1. Data User
  2. Pada tahapan Data User data yang wajib dilengkapi oleh Jasa Keuangan sebagai berikut : 1. NIK/ No. KTP 2. Nama Lengkap 3. Nomor Handphone 4. Tanggal Lahir 5. Tempat Lahir 6. Alamat 7. Jabatan. Berikut adalah tampilan antar muka pada submenu Data User


    User dapat mengganti foto profil dengan cara sebagai berikut : Klik tombol pilih gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud kemudian klik tombol simpan maka foto profile akan berubah. Untuk merubah/mengedit terkait dengan data pribadi maka user dapat melakukannya pada tampilan berikut :


    Setelah selesai maka user menekan tombol simpa maka data akan ter-update

  3. Data Perusahaan
  4. Pada tahapan Data Perusahaan data yang wajib dilengkapi oleh Jasa Keuangan sebagai berikut : 1. NPWP 2. Nama Perusahaan 3. Email Perusahaan 4. Telepon Kantor 5. Alamat 6. Kabupaten/Kota 7. RT/RW 8. Kodepos 9. Status Aktif 10. Tanggal Aktif. Berikut adalah tampilan antar muka pada submenu Data Perusahaan


    User dapat memilih foto profil Perusahaan dengan cara sebagai berikut : Klik tombol pilih gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud kemudian klik tombol simpan maka foto profile akan berubah. Untuk merubah/mengedit terkait dengan data pribadi maka user dapat melakukannya pada tampilan berikut :


    Kemudian setelah kelengkapan data input, upload Dokumen Wajib Jasa Keuangan sebagai berikut : 1. Akta Pendirian kreditur 2. NPWP Kreditur. Berikut tampilan upload Dokumen Jasa Keuangan:


    Upload Dokumen Wajib dengan klik tombol pilih file kemudian unggah file dokumen wajib yang telah di scan dengan format PDF.

  5. Unggah File
  6. Pada tahapan Unggah File untuk Administrator pusat wajib meng-upload file 1. Fotocopy KTP 2. SK Pengangkatan 3. Surat Penunjukan yang telah di scan dalam format PDF. Berikut tampilan antar muka untuk submenu Unggah File.


    Upload Dokumen Wajib dengan klik tombol pilih file kemudian unggah file dokumen wajib dengan format PDF.

  7. Validasi
  8. Berikut tampilan antarmuka untuk submenu Validasi


    Apabila data sudah sesuai maka klik tombol validasi akan muncul notifikasi dan data Jasa Keuangan sudah validasi. Setelah Data Jasa Keuangan pusat sudah validasi kemudian ada menu Cetak Data Untuk Verifikasi Jasa Keuangan seperti gambar berikut:


    Contoh Hasil Pencetakan data Jasa Keuangan sebagai berikut:


    Catatan: Setelah melakukan validasi dan pencetakan permintaan akun untuk verifikasi. Silahkan untuk Jasa Keuangan mengirim ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Pusat dengan lampiran Data Aktifasi akun dan lampiran surat permintaan yg telah diunduh pada saat registrasi seperti contoh gambar berikut:


    Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasioanal setelah melakukan verifikasi Jasa Keuangan Pusat. Jasa Keuangan setelah diverifikasi melaksanakan pembuatan Kantor Operasional dan Administrator Kantor Operasional lewat aplikasi mitra.atrbpn.go.id Setelah berhasil login sebagai Administrator Pusat maka akan muncul tampilan beranda aplikasi, seperti berikut :


    Pada Dashboard Jasa Keuangan Pusat terdapat menu Kantor Operasional untuk pembuatan Kantor Operasional dan Administrator Kantor Operasional

  9. Kantor Operasional
    1. Data Kantor Operasional
    2. Pada tahapan Data Kantor Operasional untuk pembuatan Kantor Operasional baru dengan klik tombol kantor operasional baru seperti tampilan gambar berikut


      Kemudian data yang wajib dilengkapi oleh Kantor Operasional baru sebagai berikut : 1. Kode 2. Nama Bank 3. Nama Cabang 4. Akta Pendirian 5. Tanggal 6. NPWP 7. Email 8. Telp Kantor 9. Alamat 10. Kabupaten/Kota 11. RT/RW 12. Kodepos 13. Status 14. Tanggal Aktif. Berikut adalah tampilan antar muka pada Inputan Kantor Operasional:


      User dapat upload foto profil Perusahaan dengan cara sebagai berikut : Klik tombol Pilih Gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud dan data sudah dilengkapi kemudian klik tombol Simpan maka foto profile dan data telah diinput seperti gambar berikut :


      Kemudian apabila ada perubahan Data Kantor Operasional atau melakukan pencetakan Data Kantor Operasional dengan klik Kantor Operasional yang dipilih lalu klik tombol atau tombol seperti tampilan gambar berikut:


    3. Data User Kantor Operasional
    4. Pada tahapan Data User Kantor Operasional untuk Administrator Pusat melaksanakan pembuatan user Administrator Kantor Operasional dan Pembuatan User Supervisor dan Operator hanya untuk Kantor Operasional di Pusat.

      1. Pembuatan User Administrator Kantor Operasional baru dengan klik tombol User Kantor Operasional Baru, seperti gambar berikut:


      Kemudian data yang wajib dilengkapi 1. Kantor 2. Jabatan 3. Email pengguna 4. Nomor Handphone 5. NIk/No KTP 6. Sebagai 7. Pembuatan ID Pengguna 8. Password Pengguna 9. Valid Sejak seperti gambar berikut:


      Untuk field menu Kantor pilih sesuai penunjukan Kantor Operasional dan filed menu Sebagai di pilih Admin Cabang untuk Administrator Kantor Operasional. User dapat upload foto profil Perusahaan dengan cara sebagai berikut : Klik tombol Pilih Gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud dan data sudah dilengkapi kemudian klik tombol Simpan maka foto profile dan data telah diinput seperti gambar berikut :


      Pembuatan User Administrator Kantor Operasional sudah terbuat.

      2. Pembuatan User Supervisor dan Operator Kantor Operasional Pusat baru dengan klik tombol seperti gambar sebagai berikut:


      Kemudian data yang wajib dilengkapi 1. Kantor 2. Jabatan 3. Email pengguna 4. Nomor Handphone 5. NIk/No KTP 6. Sebagai 7. Pembuatan ID Pengguna 8. Password Pengguna 9. Valid Sejak seperti gambar berikut:


      Untuk field menu Kantor pilih sesuai penunjukan Kantor Operasional Pusat dan filed menu Sebagai di pilih Supervisor atau Operator untuk pelaksanaan di Kantor Operasional Pusat. User dapat upload foto profil Perusahaan dengan cara sebagai berikut :

      Klik tombol Pilih Gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud dan data sudah dilengkapi kemudian klik tombol Simpan maka foto profile dan data telah diinput seperti gambar berikut :


      Pembuatan User Supervisor dan Operator Kantor Operasional Pusat sudah terbuat. Selanjutnya Administrator pusat bisa melakukan pengecekan pengguna untuk perpanjang, reset password, hapus, cetak user dengan klik nama pengguna akan tampil gambar berikut:


      Pembuatan Kantor Operasional dan User Kantor Operasional sudah selesai dan selanjutnya untuk user Administrator Kantor Operasional untuk melengkapi data pengguna dan validasi serta pembuatan user pengguna supervisor dan operator.

  10. Administrator Kantor Operasional

    Masukan ID pengguna dan password anda sebagai Administrator Kantor Operasional untuk masuk pada aplikasi mitra dengan muncul gambar sebagai berikut:


    Menu untuk user Administrator Kantor Operasional sama seperti langkah-langkah Administrator Jasa Keuangan Pusat untuk kelengkapan data validasi

    1. Data User
    2. Pada tahapan Data User data yang wajib dilengkapi oleh Jasa Keuangan sebagai berikut : 1. NIK/ No. KTP 2. Nama Lengkap 3. Nomor Handphone 4. Tanggal Lahir 5. Tempat Lahir 6. Alamat 7. Jabatan apabila adanya perbaikan kelengkapan data. Berikut adalah tampilan antar muka pada submenu Data User


      User dapat mengganti foto profil dengan cara sebagai berikut : Klik tombolPilih Gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud kemudian klik tombol Simpan maka foto profile akan berubah. Untuk merubah/mengedit terkait dengan data pribadi maka user dapat melakukannya pada tampilan berikut :


    3. Data Perusahaan
    4. Pada tahapan Data Perusahaan data yang wajib dilengkapi oleh Jasa Keuangan sebagai berikut : 1. NPWP 2. Nama Perusahaan 3. Email Perusahaan 4. Telepon Kantor 5. Alamat 6. Kabupaten/Kota 7. RT/RW 8. Kodepos 9. Status Aktif 10. Tanggal Aktif apabila adanya perbaikan kelengkapan data. Berikut adalah tampilan antar muka pada submenu Data Perusahaan


      User dapat memilih foto profil Perusahaan dengan cara sebagai berikut : Klik tombol Pilih Gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud kemudian klik tombol Simpan maka foto profile akan berubah. Untuk merubah/mengedit terkait dengan data pribadi maka user dapat melakukannya pada tampilan berikut :


      Kemudian setelah kelengkapan data input, upload Dokumen Wajib Jasa Keuangan sebagai berikut : 1. Akta Pendirian kreditur 2. NPWP Kreditur. Berikut tampilan upload Dokumen Jasa Keuangan:


      Upload Dokumen Wajib dengan klik tombol Pilih File kemudian unggah file dokumen wajib yang telah di scan dengan format PDF.

    5. Unggah File
    6. Pada tahapan Unggah File untuk Administrator pusat wajib meng-upload file 1. Fotocopy KTP 2. SK Pengangkatan 3. Surat Penunjukan yang telah di scan dalam format PDF. Berikut tampilan antar muka untuk submenu Unggah File.


    7. Validasi
    8. Berikut tampilan antarmuka untuk submenu Validasi


      Apabila data sudah sesuai maka klik tombol validasi akan muncul notifikasi dan data Administrator Kantor Operasional sudah validasi.


    9. Pembuatan User Kantor Operasional
    10. Pada Dashboard User Administrator Kantor Operasional setelah tervalidasi terdapat menu Kantor Operasional untuk pembuatan user Kantor Operasional Supervisor dan Operator seperti gambar berikut


      klik menu User Kantor Operasional seperti gambar berikut:


      Kemudian data yang wajib dilengkapi 1. Kantor 2. Jabatan 3. Email pengguna 4. Nomor Handphone 5. NIk/No KTP 6. Sebagai 7. Pembuatan ID Pengguna 8. Password Pengguna 9. Valid Sejak seperti gambar berikut:


      Untuk field menu Kantor pilih sesuai penunjukan Kantor Operasional Pusat dan filed menu Sebagai di pilih Supervisor atau Operator untuk pelaksanaan di Kantor Operasional Pusat. User dapat upload foto profil Perusahaan dengan cara sebagai berikut : Klik tombol Pilih Gambar untuk memilih foto profil yang diinginkan. Setelah memilih foto yang dimaksud dan data sudah dilengkapi kemudian klik tombol Simpan maka foto profile dan data telah diinput seperti gambar berikut :


      Pembuatan User Supervisor dan Operator Kantor Operasional Pusat sudah terbuat. Selanjutnya Administrator Kantor Operasional bisa melakukan pengecekan pengguna untuk perpanjang, reset password, hapus user dan cetak user dengan klik nama pengguna akan tampil gambar berikut:

6. Supervisor dan Operator Kantor Operasional

Supervisor dan Operator yang telah di buat oleh Administrator Kantor Operasional masuk di aplikasi mitra.atrbpn.go.id dengan ID pengguna dan password yang telah dibuat dan melengkapi data user seperti langkah-langkah melengkapi data Administrator Kantor Operasoional untuk kelengkapan data dan validasi.